Saturday, November 9, 2013

Di Jambi Nggak Ada Apapun? Siapa Bilang?


Halo.. di postingan kali ini gue bakal ngebahas tempat tinggal gue..

JAMBI!

"Jambi dimana, kak?"

"Beli atlas dulu, sana!"

Jambi adalah kota. Bukan sekedar kota, tapi tempat kelahiran gue. Gue heran dengan orang-orang yang mengatakan bahwa Jambi nggak ada sesuatu yang ada di tempat lain (walau masing-masing daerah punya khas tertentu). Bahkan gue pernah bikin postingan yang berjudul "Jambi solusi alternatif buat yang nggak kesampaian ke Jakarta". 

Memang, sih, Jambi masih termasuk dalam kategori "Kota berkembang". Tapi, gue bangga dengan Jambi walau masih dalam tahap berkembang, kenapa? karena semakin maju sebuah kota, maka semakin banyak masalah yang ditimbulkan. 

Contohnya, meningkatnya jumlah pengendara mobil yang bisa menyebabkan kemacetan dan polusi. perluasan area dengan digusurnya hutan yang bikin panas dan gampang banjir. Banyaknya proyek-proyek yang membangun sebuah gedung. Kalau bangkrut, gedung akan menjadi sia-sia.

Gue bangga, karena Jambi istilahnnya kota yang adem-ayem untuk di tempatin. Angka kemacetan nggak tinggi (Buat yang tinggal di Jambi, pasti tau dengan simpang mayang dan telanai kalau malam minggu). Tapi, macetnya hanya sebentar, bisa sabar untuk ditunggu.

Nih, gue kasih dulu sedikit tentang Jambi menurut abang wikipedia..
Jambi adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo. Jambi merupakan tempat berasalnya Bangsa Melayu yaitu dari Kerajaan Malayu di Batang Hari Jambi. Bahasa Melayu Jambi sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, yaitu berdialek "o". Sumber: Wikipedia
Jadi, kalau kejambi itu nggak perlu canggung bagaimana tata bahasanya. Jika akhirannya "A", maka tinggal diubah "o". Contohnya, apa jadi apo.

"Trus, ada apa lagi disana? cuma itu?"

"Sabar, simak dulu sampai kelar.."

Buat yang suka wisata ke tempat-tempat sejarah, cocok banget nih ke Jambi. Jambi punya komplek percandian terluas se-nusantara bahkan se-asia tenggara. Nah, lho. Bahkan candi muara jambi dikenal sebagai tempat perguruan tinggi kerajaan Sriwijaya.

Nih, penampakan candi muaro Jambi.

Candi gumpung (Muaro Jambi). Pic by Id.wikipedia.org

pic by harpin.wordpress.com

Buat yang pengen lengkap tentang candi muaro Jambi? baca aja disini 

Di kawasan candi muaro jambi juga terdapat danau kecil. Cocok banget, tuh, untuk bersantai dan belajar mengenai sejarah. Saking luasnya area candi muaro jambi, disana juga terdapat puluhan candi-candi kecil yang berada di hutan sehingga tertutup daun-daun dan rumput. Kalau mau keliling-keliling, santai, ada penyewaan sepeda. Kalau lapar dan haus, ada jejualan makanan kok disana. 

Yuk, ke candi.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata keren di Jambi yang berada di masing-masing kabupatennya. Nah, mumpung Jambi memiliki 11 kabupaten/kota, gue bakal bahas satu-satu dan memakai istilah gue sendiri.
Kabupaten/kota 

1. Kabupaten Batanghari (Ibukota: Muara Bulian) "Mother Of River"



Kenapa gue menyebutnya sebagai "Mother Of River"? Karena Batanghari terkenal akan sungai yang bernama sama. Sungai Batanghari adalah sungai terpanjang di pulau sumatera dengan panjang 800 km. Bahkan sering termasuk bagian dari sungai-sungai terkenal di Indonesia bersama bengawan solo, musi, dkk. Selain itu, batanghari adalah sungai kebanggan Jambi.

2. Kabupaten Bungo (Ibukota: Muara Bungo) "Mother Of Cool"


Pic By: Infobungo.com

Cool disini artinya bukan keren, tapi, sejuk. Nah, kota bungo terkenal akan kesejukannya karena dekat dengan daerah sumatera barat (Padang) yang dataran tinggi. Selain sejuk, tata kotanya menurut gue rapi walaupun Bungo dibilang kota kecil karena kabupaten. 

3. Kabupaten Kerinci (Ibukota: Antara Siulak dan Sungai Penuh) "Mother Of Tour"

Pic By: tripwow.tripadvisor.com

Kerinci terkenal akan wisatanya. Sama sepeti bungo, kerinci juga sejuk bahkan dingin. Disini wisatanya banyak. Ada Gunung Tujuh, Gunung Kerinci, Kayu Aro yang terkenal kebun teh nya, air panas Semurup, Danau Kerinci, Air terjun, dll. Yang gila wisata, cocok buat nyobain ke kerinci.

4. Kabupaten Merangin (Ibukota: Bangko) "Mother Of History"


Pic By: travel.detik.com

Sebenarnya, sih, daerah yang mengandung sejarah itu banyak. Tapi, gue pilih bangko sebagai yang unik diataranya. Salah satunya Batu Larung yang menjadi sorotan. Batu ini digunakan pada zaman prasejarah untuk memuja arwah nenek moyang. Mereka percaya kalau arwah nenek moyang mereka akan terus hidup di dunia ini tertutama tempat-tempat dataran tinggi seperti pegunungan.

5. Kabupaten Muaro jambi (Ibukota: Sengeti) "Mother Of Farmers"


Pic By: sengeti-net.blogspot.com

Pertanian sangat berkatian erat dengan Sengeti. Sejarah mengatakan dulu ada seorang pengembara dari kerajaan Mataram bernama Srigati menemui Raja Kerjaan Jambi untuk membuka usaha. Srigati disuruh Raja untuk membuka usaha pertanian dihulu sungai batanghari dengan menggunakan perahu dan jika matahari mulai terbenam, maka disitulah berhenti. Usaha pertanian Srigati berkembang pesat. Hingga banyak orang-orang membuka lahan pertanian dihulu sungai batanghari atas izin dari Raja.

6. Kabupaten Sarolangun (Ibukota: Sarolangun) "Mother Of Mine"



Sarolangun terkenal akan daerah yang banyak menghasilkan hasil bumi. Yang paling terkenal itu adalah tambang emas yang ada di sarolangun. Tanah sarolangun banyak mengandung emas di dalamnya. Jadi, jangan pernah meremehkan sarolangun, kalau kalian masih tergiur dengan emas.

7. Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Ibukota: Kuala Tungkal) "Mother Of Sea Food"


Pic By: Roryphoto.wordpress.com

Bagi yang suka dengan makanan laut, jangan segan-segan untuk mampir di Tungkal. Disana banyak terdapat makanan laut yang enak. Ada siput, Kepiting, dan Ikan. Tapi, yang paling spesial dan dicari di Tungkal itu adalah Udang ketak yang terasa lezat. Duh, jadi laper.

8. Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Ibukota: Muara Sabak) "Mother Of Merchant"


Pic By: antarafoto.com

Sejarah memang banyak melibatkan para pedagang. Dalam sejarah, Sabak adalah akses penting perdagangan pada zaman kerajaan khususnya melalui jalur air. Penyebutan Sabak pun bermacam-macam, ada Sri Buza (Dari Zabaryah) dan Sabadyday (Dari Protugis). 
Tapi sayang, di zaman perkembangan perdagangan saat itu, sungai Batanghari mulai surut yang menyulitkan kapal-kapal berlaubuh ke Muara Sabak dengan diakhiri ditinggalkannya Muara Sabak oleh para pedagang.

9. Kabupaten Tebo (Ibukota: Muaro Tebo) "Mother Of Hero"



Pahlawan Jambi yang bernama "Sultan Thaha Syaifudin" tewas di Muaro Tebo pada tanggal 24 April 1904. Sebelumnya Sultan Thaha berhasil meloloskan diri dari pasukan Belanda pada bulan dan tahun yang sama sewaktu Belanda menyerang Sungai Aro. 

10. Kota Jambi "Mother Of Bandrek Safe"


Pic By: Kaskus.co.id

Yang seperti gue bilang di awal postingan kalau Kota Jambi itu adem ayem. Bahkan kotanya pun nggak terlalu semerawut kayak di kota-kota maju. Bersyukur gue bisa tinggal disini.

11. Sungai Penuh "Mother Of Nature"


Pic By: Indahnesia.com

Sungai Penuh adalah Kota dibagian Kerinci. Atau biar lebih gampang, nyebutnya Kota Kerinci. Disini banyak alam yang masih terjaga. Di pinggir jalan masih bisa liat sawah, bukit, dan hutan. Pantes, cuaca disini tuh dingin kalau mulai memasuki sore dan cocok buat jalan-jalan. 


Ada Yang Hilang...
Pernahkah kalian merasa kehilangan? kalau pernah, pernahkan kalian menerimanya? Melakukannya adalah hal yang tersulit. Sama seperti Jambi, ia merasa kehilangan. Tapi, masyarakat Jambi banyak sebagian yang belum mau terima atas hilangnya pulau kebanggan. Ya, Pulau berhala. Sebuah wisata yang dibanggakan masyarakat Jambi hilang begitu saja dan menjadi hak milik provinsi Riau.

Pic By: Panoramio.com

Sedih banget, padahal pulau berhala bisa menjadi aset provinsi Jambi sebagai wisata yang dikunjungi orang-orang asing.

Kuliner Khas
Berkunjung ke Jambi, nggak bakal asik kalau nggak nyobain kuliner khas nya.. Apa sajakah itu?..

1.  Tempoyak


Pic By: empitsisworo.blogspot.com

Ada istilah "Bukan orang Jambi kalau belum pernah makan Tempoyak".. Nah, Tempoyak ini adalah salah satu makanan khas paling dikenal seantero Jambi (bahkan Sumbagsel). Tempoyak ini berasal dari Durian yang difermentasi. Lauk pauk favorit gue banget, nih, kalau ditemeni nasi. Apalagi dicampur ikan patin. Beuh, nikmat dan kenyang.

2. Tepek Ikan


Pic By: Resep-hwibisono.blogspot.com

Ini juga sama seperti Tempoyak, namun sedikit beda. Biasanya gulai tepek ikan dicampur dengan ikan gabus. Sering dijumpai di acara-acara seperti perkawinan, dan lain-lain.

3. Sup Tulang


Pic By: potretkasih.com

Sama seperti yang kita kenal dengan nama sup iga. Cocok banget nih buat dimakan pada saat dingin dan hujan.

4. Nasi Gemuk


Pic By: http://leezastouch.blogspot.com/

Nasi gemuk sedikit berbeda dengan nasi uduk. Nasi gemuk terbuat dari nasi dan santan. Sama seperti nasi uduk, perbedaannya terlihat dari warna nasi gemuk berwarna kemerehan.

"Gimana? keliatan lezat, bukan? makanya cobain!"
Komunitas/Hobi/Kreatif
Biasanya buat lo yang masih muda butuh melihat aktivitas anak-anak muda di Jambi. Jangan kira anak muda Jambi itu kerjaannya cuma nongkrong dijalan sambil merenungi nasib. Padahal anak muda Jambi banyak yang berkarya dan punya komunitas keren-keren. Apa aja? nih dia...

1. Jabloco  

Jabloco adalah komunitas blogger yang berasal dari Jambi. Gue juga bergabung sama mereka. Isinya para blogger-blogger Jambi yang kreatif.. check aja grupnya dan sila gabung disini.

2. Stand Up Comedy Jambi

Jambi juga punya lho komunitas stand up comedy. Buat yang pengen merefreshkan pikiran melalui lawakan, datang aja open micnya. Info: @StandupIndojbi

3. Forum Musisi Jambi (FMJ)

Buat lo yang anak band dan musisi, gabung dan ngejam bareng musisi-musisi Jambi lainnya disini.

4. Pipetmagz

Buat kamu anak muda Jambi, kenali tentang seluk beluk Jambi. Di Pipetmagz, kita bisa tahu tokoh-tokoh, Info, Acara, dan Komunitas-komunitas di Jambi. Check Websitenya disini.

Masih banyak komunitas dan kreatifitas lainnya yang nggak bisa gue sebutin semua di postingan ini. Yang pasti masih banyak yang keren di Jambi ini. Jadi, Jambi udah punya sesuatu yang dibanggakan didalamnya.

Bagaimana? pengen dateng ke Jambi? Kalau ke Jambi, jangan lupa hubungi gue ya. *Promo*


BYE!

"Postingan ini di ikut sertakan ke dalam Lomba Blog www.pipetmagz.com"
Disqus Comments
#Berani-Edan #DigitalLoveKK 1434H 17 Agustus 2013 2014 3in1 Acer Adam Adobe Dreamweaver Advan agama Air Air Minum Air Putih Ajaib Aktifitas Aktivitas akun anonim alam Alami Alat Alien Alitt Susanto Amazing anak band Anak Muda Android Android App Aneh ANEH & UNIK Anek Aneka Berita anime Anjing ANTI VIRUS Antibiotik Antivirus antivirus terbaik 2011 antivirus terbaik di dunia Aplikasi Apple art artikel artikel ms word 2007 artikel-indonesia ARTIS KOREA Asal Tau Asemtainment Asia Astronot Asus Aurora Automatic scan usb flashdisk avg antivirus backlink gratis backup registry windows backup registry windows 7 Bahagia Bahaya Ban band Bandung Bangkai bangunan Bank Batuk Bau Bawah Bawah Tanah Bawang BBM Belajar Belajar Agama belajar komputer Benar Benci benda Berani Berbahaya Berburu Berhenti Berita berita ipm berita mts Berlari best antivirus in the world Bete Bikin Film Binatang Biografi Tokoh Bisnis Online BlackBerry blog Blogger Bocah Bogor Boker bola Book Boros Brazil Bridear Browser Budaya Buka bersama Buku Bumi Buriganga BURNING Busana Cabe-cabean Cahaya Cake Caleg Camera Cangih Cappuccino Capres Cara Cara blok situs cara blok situs porno Cara buat blog Cara buat email Cara Chatting cara chatting di facebook Cara Chatting di Yahoo Messenger 9 cara downloa file di indowebster cara download di indowebster terbaru cara memblokir situs porno cara membuat halaman daftar isi cara membuat icon cara memperbaiki laptop Cara mengganti background facebook Cara mengganti background facebook dengan foto sendiri Cara mengganti layout facebook cara menghasilkan uang dari blog cara mengubah layout fb Cara mengubah wallpaper windows 7 starter cara merawat laptop cara perbaikan komputer cara perbaikan laptop Cara Recovery Data Cara Service Laptop cek spesifikasi vga Cepat Ceramah Cerita Misteri ceritaku cerpen Cewek Champion cheat China Cindy Gulla cinta Closet command prompt Container Contoh Surat convert html to pdf copy cd yang diprotek copy cd yang diproteksi Cowok CPNS 2014 CR7 Customize installer Windows 7 dan Windows Vista Customize windows 7 installer Danau Data dan password recovery dead pixel repair defrag windows Dekil Dengar desa Desain DESIGN GRAFIS Destinasi Dewa Dewa 19 Dialog Dengan Jin Muslim Diego Mendieta Digital Love disable auto update disable error reporting disable fax service disable screen saver disable UAC windows 7 disable UAC windows vista Doa dosen Download buku panduan corel draw Download driver acer Download driver sony vaio Download driver toshiba Download e-book gratis download file di ziddu download game komputer download software lama Drama Korea driver asus driver Axioo driver hp compaq Driver Komputer driver laptop asus driver lenovo driver notebook asus driver pc asus driver zyrex Dunia Dunia Gaib Dunia Muslim Earth Hour Edit template email spam Emas Enggak english-article english-book Entertainment Evakuasi Event Organizer Everest Evolusi explorer Facebook Fakta Fans Fenomena film Firefox Fisik Fix Windows Vista dan Windows 7 Error Fobia folder options followers followers banyak following Fomo Phobia Free free convert video to exe Free Download free image viewer friendship Friendzone Fun Gadget Gadis Gak Pede Galau gambar animasi lucu Game GAME ACTION GAME ADVENTURE game komputer GAME SPORT Gangguan ganti background logon Gantungan Gaul Gaya Gebetan Gejala Gigi Gigit Gila Gila Bola Giveaway Gokil Golput Good Day GoodDayBlogCompetition google adsense google maps photo Gramed Guiness World gunung hack password windows Hanoman Harga Hari blogger nasional Hati Hawa Header Health hewan Hiburan HidupBanyakRasa Hijab Hilang Hindu Hitam home hot Hotel HTC icon creator freeware icon creator software icon maker freeware Idol Group Idul Fitri Ikan Ilmuwan Imbalan impian Indah India indonesia Indovidgram Info INFO MENARIK Informasi Inggris Inspirasi Inspirator Instagram Intelektual Internasional Internet iPhone IPK jagad raya Jakarta Jalan Jam jam analog desktop Jam Tangan Jambi Japanese Language Pack Jav Java App Java Game Jawa Jembatan Jenggot Jenis Jepang Jilbab Jiwa JKT48 Jogging Jogja Jorok Jual DVD Service Laptop Jual Games Komputer Jual Tutorial Service Komputer Kadar Kafein Kakek Kamboja kampung Kampus Kancut keblenger Kandung Kangen Kanibal Kapal Karachay Karet Karir Kata Mutiara kebersihan Kebiasaan Kecantikan Kehidupaan Kekasih Kekuatan Kematian Kemerdekaan Kepala Keran Keren kerja Kesehatan Ketakutan Khasiat Kick Klik KLIK SEHAT komik Komunitas Kondisi Konspirasi Kemakmuran konversi file html menjadi pdf konversi flv konversi mp3 ke wav konversi pdf ke word konversi powerpoint menjadi video Konversi video mejadi exe konversi word ke pdf Kopdar Kopi Korean Language Pack Kota Kreatif Kuburan Kucing Kuda Kue Kuis Kuliah Kuliner Kultum Kumad Kunci Kunjungi Kurang asem Lacak lagu lain lain Lainnya Lalu Lintas Language Pack Lapangan Bola Lari Laut Lebaran Lelaki Hebat Lenovo LG Lifestyle Lihat Lima Link local group policy windows vista Lomba blog Lomba blog VOA London Lowongan Luar Angkasa Lubang Lucu mahasiswa Mahluk Gaib Mainstream Majalah Makanan Malas Manfaat Manga Mantan Mantap manusia Masih Banyak Ikan di Laut Matahari mati Meja memasang logo di system properties memasang peta google map di blog Memasukkan file audio lagu ke video clip Mematikan mematikan auto update mematikan error reporting mematikan fax service mematikan logon windows vista mematikan screen saver mematikan UAC windows 7 mematikan UAC windows vista membaca tulisan jepang di komputer membaca tulisan korea di komputer Membagi tampilan firefox membersihkan registry windows Membersihkan thumbnail windows 7 memblokir situs porno membobol password windows membuat gambar bergerak menjadi wallpaper membuat partisi hardisk membuat password word membuat powerpoint menjadi video Membuat video clip membuat video dari foto membuat video menjadi wallpaper membuat wallpaper animasi membuat wallpaper bergerak membuat wallpaper swf memotong lagu mp3 Memperbaiki dead pixel monitor Memperbaiki error windows 7 Memperbaiki error windows vista memperbesar ukuran partisi mempercepat start menu windows vista mempercepat startup windows vista mempercepat windows 7 mempercepat windows vista memperkecil ukuran file pdf Memproteksi wallpaper agar tidak bisa diubah men ganti logon screen menambah lagu ke video clip menambah virtual memory menampilkan deskripsi blog di google menampilkan logo di system properties Menarik Mendeteksi hardware komputer Menembak Mengaktifkan Aero Windows 7 Mengaktifkan regedit mengatur startup vista mengembalikan data yang hilang mengembalikan data yang terformat mengembalikan data yang terhapus mengetahui software dan hardware yang compatible dengan Windows 7 mengetahui spesifikasi hardware komputer mengetahui spesifikasi vga mengganti background blog mengganti background facebook mengganti logon screen windows 7 mengganti nama file secara massal mengganti nama pemilik komputer mengganti password email yahoo mengganti password yahoo mengganti wallpaper windows 7 starter menggunakan file gif menjadi wallpaper menggunakan video menjadi wallpaper menghasilkan uang dari blog menghasilkan uang lewat blog menghasilkan uang lewat internet menghilangkan login windows vista menghilangkan panah pada shortcut menghilangkan panah shortcut menghindari email spam mengubah background facebook Mengubah email ke pdf mengubah flv Mengubah footer blog menjadi tiga kolom mengubah gambar background folder pada explorer windows 7 mengubah lebar blog mengubah lebar sidear blog mengubah mp3 ke wav mengubah nama file secara massal mengubah password yahoo mengubah pdf ke word mengubah power point ke pdf mengubah powerpoint menjadi video mengubah tampilan backgroud fb mengubah tampilan facebook mengubah tampilan windows XP menjadi windows 7 mengubah template blog menjadi tiga kolom mengubah theme windows XP menjadi windows 7 mengubah word ke pdf mengunci wallpaper agar tidak bisa diganti Menjaga Menjengkelkan Mental Block menu show delay Menunjukkan Menyendiri Merah Merah Muda Merek merekam kegiatan di layar komputer menjadi video merekam tampilan di layar komputer merekam tampilan layar komputer Merokok Mesir Metal MILITER mimpi Minuman Misteri MISTERI & HOROR Mistis Mito Mitologi Mitos mmm Modern Modifikasi Motor Monyet Motivasi MoveOn msconfig Mudik Mumi Murah Murid Musik musik-indonesia My favorit Nasional Negara Nembak News ngakak Nikahi No Autorun USB Virus Defender Nokia Notepad++ Novel Nyentrik OFFICE olahraga Open Mic Optimasi SEO optimasi windows 7 Orang Orang Tua Oshi Otak Otomotif Pacaran Padang paid review blog paid review blogsvertise paid review yang membayar Panduan Blog Panduan Chatting panduan chatting di facebook Panduan Microsoft Excel 2007 Panduan Photoshop Panduan SEO Panjang panoramio partisi hardisk partisi windows 7 partisi windows vista Pasangan Patah Patung PDF Creator pdf reader PDF Split and Merge Pekerjaan Pelajaran Pelanggan Peluang Usaha Pembaca Pemengan Pemilu Penakluk pendidikan Penemuan Penerbangan pengalaman Pengganti Penulis Penumpang Penunggang Penyakit Penyebab Perahu Peraturan Perbaikan Komputer Pergaulan Perjalanan Personal Branding Pertama Pertandingan Perubahan Pesawat Petualang Petunjuk Phobia Piala Dunia 2014 Pilpres Pintar Pipetmagz Pipis Planet PowerBank Pria Profesi Profil proteksi wallpaper Psikologi PSSI Puasa Pulkam Punk Putih Putus Quote Ramadhan Ramon Film Productions Rasa Readmore blog Recor recovery file excel freeware recovery file word free refill tinta Rekor Relationshit religi Remaja Resep Kue Resep Masakan resolusi restore registry windows restore registry windows 7 Reuni review Rindu Rintisan Rock Rodeo rtf converter Rumah Rumput Rusak Rusia Sakit Sambal Samsung Sarang Saudara screen capture desktop Search Engine Optimization ( SEO ) Search Engine Optimization (SEO) Sehat Sejarah Sekolah Selatan Selebriti Selebtweet Seluncuran Semangant Seminar Semut SEO Sepak Sepak Bola Sepi Seram Serang service notebook service printer Setengah setting komputer agar membaca tulisan cina Setting Modem Nokia N70 Seventeen sexy Shitlicious Siang Sifat Simplified Chinese Language Pack Sinetron Terbaru Siput Siswa Skripshit Sleep Apnea SMA Smartphone SmartWatch SMF Snipping Tools Windows 7 social media Social Media Fest 2013 Softhack Software Software Aplikasi software defrag software edit video gratis Software Gratis (Freeware) software icon gratis software konversi flv ke 3gp software membuat icon software pembaca gambar gratis software pembaca pdf gratis software pemotong lagu software pemotong lagu mp3 software pendeteksi driver komputer software tweak windows software untuk blok situs software untuk blokir situs software untuk cek hardware komputer software untuk mengubah flv Software utility software video editing Sony Sosial specifikasi vga Spesifikasi hardware windows 7 Split browser split firefox Stand Up Comedy Stasius Strategi Stres struktur org Style suara alumni Suka Sungai Super Aneh Super Speedy Super Unik Supporter Sweepstakes Tablet Tahu Tahun Baru Talkshow Tanda Tangga Tarantula task manager taubat TEKHNOLOGY Teknologi Teleskop Telkom Speedy teman Tempat Tempe Teraneh Terbaik Terbalik Terbenam Terberat Terbesar Terindah Terpanjang Terpedas Terunik Terupdate The World in Your Hand Theme Windows 7 Tidur Timnas Tingkat Tips Tips BLOG SEO Tips Chatting Tips Chatting dan Chat di Yahoo Messenger Tips dan Tutorial Blogger Blogspot Tips Kesehatan Tips Terbaru Tips Trik dan Tutorial Windows 7 Tips Trik dan Tutorial Windows Vista Tips Trik dan Tutorial Windows XP Toko Buku Toko Online Top Tradisi Traditional Chinese Language Pack Transaksi Online Travel Traveling Travelling Trik Trik Windows trik-komputer Tua Tubuh Tulang tumbuhan Tutorial Tutorial Corel draw Tutorial Microsoft Excel 2007 Tutorial Microsoft Word 2003 Tutorial Microsoft Word 2007 tutorial perbaikan komputer Tutorial Photoshop Tutorial Service Laptop tutorial-blogspot tutorial-komputer tweak windows 7 tweak windows vista twitter Uang Uganda Ujian Ujian Nasional Ular Ultras Umur UN 2014/2015 Unik uninstal tablet PC Uninstal Windows 7 Language Interface Pack Universitas Unkown Device Indentifier usb antivirus User Account Control Windows 7 valentine Venus Vicky Prasetio video video converter video editing windows movie maker Video Maker Video Tutorial Service Laptop video wallpaper virtual memory windows virtual memory windows 7 Visitor wallpaper animasi wallpaper video wallpaper windows 7 Wanita Wariskan Warna Waspada WC Widget animasi blog Widget animasi blogspot Widget animasi wordpress Windows 7 Compatibility Center Windows 7 Folder Background Changer Windows 7 Language Interface Pack Windows 7 Language Interface Pack Bahasa Indonesia Windows 7 LIP windows movie maker portable Wisata Xiaomi Zaskia Gotik Zodiak